Bilamana mendengar kata komik, maka seringkali dalam pikiran kita muncul gambaran tentang suatu jenis bacaan tak bermutu yang hanya jika dibaca untuk membuang-buang waktu di kala senggang .

.

Namun fakta di sekitar kita seringkali justru menyatakan bahwa komik adalah jenis bacaan yang sangat populer dan digemari oleh anak-anak maupun remaja (bahkan tak jarang orang tua pun masih suka membaca komik…. :)

.

Bertolak belakang dengan komik, buku pelajaran sekolah … apalagi buku pelajaran fisika adalah bacaan yang hanya dibaca siswa karena terpaksa dan dipaksa . Untuk membuat anak / remaja membaca sebuah buku pelajaran ini, seringkali diperlukan usaha yang ekstra keras dari guru maupun orang tua 

.

Berdasarkan kedua kenyataan di atas, maka timbul dalam sebuah ide untuk menyatukan kedua jenis bacaan tersebut dalam sebuah buku . BUKU PELAJARAN FISIKA dalam bentuk KOMIK .

.

Menggunakan Komik untuk Pelajaran Fisika ??? Rasanya ide ini agak aneh , karena selama ini kata pelajaran Fisika identik dengan hal yang serius dan rumus dan kata komik cenderung diartikan sebagai sesuatu yang sama sekali tidak serius dan membuang-buang waktu .

.

Berdasarkan keyakinan bahwa kedua hal tersebut dapat dipadukan, saya mencoba membuat PTK dengan judul tema pembelajaran fisika dengan menggunakan media komik . 

.

Semula sempat timbul keraguan saya ketika pertama kali hendak menggunakan media komik ini dalam pembelajaran fisika, saya sempat berpikir … jangan-jangan siswa akan menganggap saya sedang membanyol , padahal dalam konteks ini, saya sama sekali TIDAK sedang MEMBANYOL !

.

Akhirnya saya mencoba mengaplikasikan metode tersebut di sekolah tempat saya mengajar sekitar bulan Maret 2008 untuk siswa kelas 7 dengan materi kecepatan dan percepatan .

.

Halaman 1 komik kecepatan

Komik Kecepatan_Halaman 1

Pada pertemuan pertama dengan durasi 2 x 45 menit , Saya memberikan terlebih pengantar berkaitan dengan konsep kecepatan selama lebih kurang 5 menit . Kemudian saya membagikan pada para siswa komik kecepatan halaman 1 untuk dibaca dan dipelajari .

.

Banyak siswa terkejut dan merasa aneh dengan metode ini . 

.

Setelah siswa paham dengan komik halaman 1 , mereka mendapatkan komik kecepatan halaman 2 untuk berlatih mengerjakan soal – soal . 

.

Komik Kecepatan Halaman 2

Komik Kecepatan_Halaman 2

Ternyata pada tahap ini mereka dapat melakukannya dengan tanpa banyak kesulitan .

.

Pada pertemuan ke dua dengan durasi 1 x 45 menit para siswa berlatih dengan menggunakan komik kecepatan halaman 3 .

.

Komik Kecepatan_Halaman 3

Komik Kecepatan_Halaman 3

.

Pada pertemuan ke empat saya mengadakan tes tulis dan menganalisanya .

.

Setelah pelaksanaan beberapa kegiatan pengajaran fisika dengan menggunakan komik , saya mencoba mengevaluasi kegiatan tersebut dengan menggunakan angket sederhana … dan ternyata hasilnya cukup luar biasa , hampir 90 % siswa setuju, suka, dan menyatakan bahwa dengan penggunaan media komik ini, mereka lebih mudah memahami materi fisika yang diajarkan .

.

Dan yang lebih menghibur dari hasil evaluasi kegiatan, ternyata 83 % dari keseluruhan siswa mencapai nilai di atas 60 , dengan rata- rata nilai keseluruhan 80 !

.

So, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ternyata komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran .

.

NB : Tulisan ini sebelumnya pernah saya tulis di pos703.wordpress.com pada tanggal 11 Juli 2008

.

JOEL / 2013 

 

About these ads