Bilamana mendengar kata komik, maka seringkali dalam pikiran kita muncul gambaran tentang suatu jenis bacaan tak bermutu yang hanya jika dibaca untuk membuang-buang waktu di kala senggang .
.
Namun fakta di sekitar kita seringkali justru menyatakan bahwa komik adalah jenis bacaan yang sangat populer dan digemari oleh anak-anak maupun remaja (bahkan tak jarang orang tua pun masih suka membaca komik…. 🙂
.
Bertolak belakang dengan komik, buku pelajaran sekolah … apalagi buku pelajaran fisika adalah bacaan yang hanya dibaca siswa karena terpaksa dan dipaksa . Untuk membuat anak / remaja membaca sebuah buku pelajaran ini, seringkali diperlukan usaha yang ekstra keras dari guru maupun orang tua
.
Berdasarkan kedua kenyataan di atas, maka timbul dalam sebuah ide untuk menyatukan kedua jenis bacaan tersebut dalam sebuah buku . BUKU PELAJARAN FISIKA dalam bentuk KOMIK .
.
Menggunakan Komik untuk Pelajaran Fisika ??? Rasanya ide ini agak aneh , karena selama ini kata pelajaran Fisika identik dengan hal yang serius dan rumus dan kata komik cenderung diartikan sebagai sesuatu yang sama sekali tidak serius dan membuang-buang waktu .
.
Berdasarkan keyakinan bahwa kedua hal tersebut dapat dipadukan, saya mencoba membuat PTK dengan judul tema pembelajaran fisika dengan menggunakan media komik .
.
Semula sempat timbul keraguan saya ketika pertama kali hendak menggunakan media komik ini dalam pembelajaran fisika, saya sempat berpikir … jangan-jangan siswa akan menganggap saya sedang membanyol , padahal dalam konteks ini, saya sama sekali TIDAK sedang MEMBANYOL !
.
Akhirnya saya mencoba mengaplikasikan metode tersebut di sekolah tempat saya mengajar sekitar bulan Maret 2008 untuk siswa kelas 7 dengan materi kecepatan dan percepatan .
.
Pada pertemuan pertama dengan durasi 2 x 45 menit , Saya memberikan terlebih pengantar berkaitan dengan konsep kecepatan selama lebih kurang 5 menit . Kemudian saya membagikan pada para siswa komik kecepatan halaman 1 untuk dibaca dan dipelajari .
.
Banyak siswa terkejut dan merasa aneh dengan metode ini .
.
Setelah siswa paham dengan komik halaman 1 , mereka mendapatkan komik kecepatan halaman 2 untuk berlatih mengerjakan soal – soal .
.
Ternyata pada tahap ini mereka dapat melakukannya dengan tanpa banyak kesulitan .
.
Pada pertemuan ke dua dengan durasi 1 x 45 menit para siswa berlatih dengan menggunakan komik kecepatan halaman 3 .
.
.
Pada pertemuan ke empat saya mengadakan tes tulis dan menganalisanya .
.
Setelah pelaksanaan beberapa kegiatan pengajaran fisika dengan menggunakan komik , saya mencoba mengevaluasi kegiatan tersebut dengan menggunakan angket sederhana … dan ternyata hasilnya cukup luar biasa , hampir 90 % siswa setuju, suka, dan menyatakan bahwa dengan penggunaan media komik ini, mereka lebih mudah memahami materi fisika yang diajarkan .
.
Dan yang lebih menghibur dari hasil evaluasi kegiatan, ternyata 83 % dari keseluruhan siswa mencapai nilai di atas 60 , dengan rata- rata nilai keseluruhan 80 !
.
So, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ternyata komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran .
.
NB :
- Tulisan ini sebelumnya pernah saya tulis di pos703.wordpress.com pada tanggal 11 Juli 2008
- Sejak tulisan ini dibuat, pada tahun – tahun berikutnya saya menerapkan metode ini dalam kegiatan belajar di kelas . Dari hasil penerapan tersebut ada beberapa catatan dan revisi yang perlu kami perbaiki. Update dan revisi artikel ini saya muat di catatanjoeliono.blogspot.com
JOEL / 2018
Fajriani Yasmin
Oct 08, 2013 @ 15:33:09
Salam Pak. Saya tertarik dengan PTK Bapak tentang Pembelajaran Fisika menggunakan Media Komik. Saya berniat juga membuat PTK yng mirip dan diterapkan di kelas sy (SMP Kls VII). Sy mohon Bapak berkenan mengirimkan file PTK Bapak, sbgai bahan rujukan. Terima kasih.
joeliono
Oct 30, 2013 @ 18:55:42
Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf untuk permintaan file PTK karena suatu alasan saya tidak dapat mengirimkannya , tetapi untuk membantu PTK anda , dapat saya bagikan pengalaman saya .
Secara umum dalam PTK ini saya melakukan langkah – langkah sebagai berikut :
TAHAP PERSIAPAN :
1. Pencarian daftar pustaka
2. Pembuatan media komik
TAHAP PELAKSANAAN :
1. Pengkondisian siswa
2. Penjelasan tentang lingkup bahasan materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini
3. Pembagian dan membaca lembar komik (Seperti pada gambar di atas) kurang lebih 5 menit
4. Menanyakan apakah siswa sudah memahami isi komik tersebut
5. Jika siswa sudah paham, siswa diminta mencoba mengerjakan soal dalam komik tersebut (Biasanya tanpa disuruh sebagian siswa sudah mengerjakannya)
6. Membahas hasil pekerjaan siswa
7. Tes
8. Pemberian angket pada siswa (Isinya tentang tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan , apakah mereka menyukai / merasa dimudahkan atau sebaliknya)
TAHAP EVALUASI
1. Melakukan koreksi atas hasil kerja siswa
2. Melakukan analisa atas hasil pekerjaan dan angket siswa
Demikian langkah – langkah tersebut dilaksanakan untuk materi kecepatan maupun percepatan.
Semoga tulisan ini dapat membantu PTK anda
sela
Oct 31, 2013 @ 17:10:52
selamat mlam, pak saya tertRIk dengan media yg bapak buat, yang ingin saya tanyakan untuk membuat komik itu apakah ada aplikasi sendiri apa tulis tangan kemudian di scan?terima kasih pak
joeliono
Nov 01, 2013 @ 12:00:58
Pembuatannya cukup digambar di kertas kemudian difoto copy sejumlah siswa . Jika hendak diolah lebih lanjut boleh juga discan